cool hit counter

PDM Kabupaten Kendal - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Kendal
.: Home > Berita > Tumbuhkan Semangat Belajar Anak Didik Dengan Outing Class

Homepage

Tumbuhkan Semangat Belajar Anak Didik Dengan Outing Class

Minggu, 17-02-2019
Dibaca: 107

KENDAL.MUHAMMADIYAH.OR.ID, Memberikan motivasi belajar kepada peserta didik di dunia pendidikan wajib dilakukan oleh para guru. Salah satunya adalah melalui outing class, sebuah program pembelajaran yang bertujuan memberikan ketrampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreatifitas siswa. Outing class juga bisa dijadikan sebagai metode belajar yang menyenangkan, mengenalkan kepada siswa untuk lebih dekat kepada alam dan lingkungan sekitar.

Hal itulah yang dilakukan SD Muhammadiyah Sukorejo, Kendal. Sebanyak 171 siswa kelas 1 pada Kamis (14/2) diajak memasuki sebuah perkebunan cengkeh, tepatnya di PT Wisma Selokaton, Banaran, Sukorejo.
“ Ini kegiatan yang ke dua kami lakukan dengan tetap menggandeng MDMC Jamaah Tangguh LPB PDM Kendal “ kata koordinator pelaksana kegiatan, Septimbrawati.

“Bentuk kegiatan anak – anak adalah praktek langsung apa yang pernah didapat di kelas “ ujarnya.
“Mereka tidak kami ajak untuk melihat langsung aktifitas di dalam PT Wisma Selokaton, karena hal itu tidak terkait dengan materi pembelajaran di kelas. Kami cukup berada di sekitar pabrik untuk praktek langsung, seperti berkreasi dengan tanah liat dan praktek menanam jagung secara langsung “ ungkap Septi.

Ketua bidang Diklat MDMC Jamaah Tangguh LPB PDM Kendal, Aman Wahyudi mengatakan, outing class sebagai media pembelajaran anak didik yang bisa dilihat praktek langsung di alam terbuka.
Kegiatan outing class diawali dengan berjalan mengelilingi perkebunan cengkeh milik PT Wisma Selokaton dan beberapa petak kebun milik warga setempat.

“Dengan melihat langsung aktifitas pekerja kebun cengkeh, para siswa ke depan diharapkan akan lebih bisa menjaga lingkungan “ ujar Aman.
“Ini sebagai ajang bagi anak untuk bisa bersosialisasi dengan masyarakat dan mengetahui tata cara berkebuh secara benar.“ imbuhnya.

Kegiatan outing class SD Muhammadiyah Sukorejo terlaksana dengan lancar diantaranya karena mendapat support dari beberapa perusahaan yang peduli dengan dunia Pendidikan.
“Kami mendapat dukungan dari beberapa perusahaan yang peduli dengan dunia pendidikan, diantaranya adalah BPRS Asad Alif, KPPS Bismillah, Rumah Aliya, dan waroeng Abah “ tutup Anam. (Dyah Anggraeni/MPI Kendal)


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website