cool hit counter

PDM Kabupaten Kendal - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Kendal
.: Home > Berita > Muhammadiyah Kendal Gelar Sholat Idul Fitri di 22 Titik Tanah Lapang

Homepage

Muhammadiyah Kendal Gelar Sholat Idul Fitri di 22 Titik Tanah Lapang

Rabu, 13-06-2018
Dibaca: 195

 

Ketua Majelis Tabligh PDM Kendal Drs. H. Jumali menyerahkan bingkisan lebaran kepada salah satu seorang tuna netra

 

KENDAL.MUHAMMADIYAH.OR.ID – Melalui maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah nomor : 01/MLM/1.0/E/2018, bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh hari Jum’at Legi, 15 Juni 2018. Ijtima’ jelang Syawal 1439 H terjadi pada hari Kamis Kliwon, 14 Juni 2018 M pukul 02.45’ 53” WIB. Tinggi hilal (saat terbenam matahari) : +07’ , 35’,20” (hilal sudah wujud). 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jum’at Legi, 15 Juni 2018 M.

Memahami hal tersebut Muhammadiyah Kendal akan merayakan hari raya dengan menggelar sholat iedul fitri di 22 titik tanah lapang.

Ketua PDM Kendal, KH. Muslim mengatakan meskipun pemerintah melalui Kementerian Agama RI melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat pada hari Kamis 14 Juni 2018, diharapkan terjadi kesamaan dalam menentukan hari raya.

“ Muhammadiyah sudah final, Idul Fitri tahun ini jatuh pada hari Jum’at sesuai dengan maklumat PP Muhammadiyah. Insya Allah pemerintah juga memutuskan harai raya tahun ini hari jum’at “ kata Muslim. Kepada ummat Islam dan warga Muhammadiyah, Muslim menghimbau untuk menyemarakkan idul fitri.

“ Mari kita rayakan Idul fitri dengan memperbanyak takbir, tahlil dan tahmid, sebagi bukti nyata bahwa Ramadhan telah berakhir dan memperkuat ukhuwah dengan perbanyak sillaturrahim “

Terkait dengan Ramadhan tahun ini, ketua Majelis Tabligh PDM Kendal, Drs. H. Jumali menilai terjadi peningkatan yang signifikan gerakan amal sholeh warga Muhammadiyah khususnya dan ummat Islam umumnya.

“ Di Muhammadiyah Kendal terlihat gerakan amal sholeh Ramadhan nampak semarak, kado Ramadhan sebanyak 2000 oleh Aisyiyah Weleri terbagi dengan tertib dan lancar, i’tikaf dan sahur bersama hampair terjadi disetiap masjid Muhammadiyah, kepedulian bencana alam, meletusnya gunung berapi disambut dengan gerakan peduli merapi oleh MDMC “ kata Jumali.

Mengingat iedul fitri tahun ini jatuh pada hari Jum’at, Jumali meminta kepada warga Muhammadiyah dan ummat Islam lain tetap melaksanakan sholat Jum’ah.

“ Laksanakan sholat jum’ah sebagaimana mestinya, walapun hari itu ada 2 khutbah, idul fitri dan khutbah Jum’ah “ ujarnya.

Menurut Jumali, sesuai putusan tarjih Muhammadiyah, bahwa Nabi Muhammad saw melaksakan shalat Jum’ah sekalipun hari itu bertepatan denganhari raya. Rasulullah bersabda :  Apabila hari raya bertepatan dengan hari Jum’at , Nabi saw membaca surat (sabbihisma dan Hal ataka) pada kedua shalat itu (shalat hari raya dan shalat Jum’at)

             Masih menurut Jumali, yang lebih penting bagi ummat Islam adalah setelah Ramadhan, amal ibadahnya harus lebih meningkat.

“ Dengan berakhirnya Ramadhan bukan berarti amal ibadahnya lemah, Allah tidak hanya ada di bulan Ramadhan sehingga kita bersemangat beribadah di bulan suci, tetapi Allah berada di seluruh bulan yang ada “

Terkait dengan Sholat Iedul Fitri 1439 H di Kendal, PCM dan PRM siap menggelar  di 22 titik tanah lapang. Berikut tempat sholat iedul fitri warga Muhammadiyah Kendal : PCM Kota Kendal di stadion lama imam dan khatib Masrur Masykur ( Wakil Bupati Kendal ), PCM Purin di Halaman SD Muh Purin bertindak imam dan khatib Risyad Rais Rafsanjani, Lc, PCM Pegandon di lapangan desa Penanggulan imam dan khotib Mustakim, Lc, PCM Ngampel di halaman SD N Kebonagung dengan imam Kyai Musyafak, S.Pdi khatib ustadz Nur Hidayatul Muttaqien, PCM Brangsong di halaman SMK N 4 Brangsong bertindak imam dan khatib Amir Azis, PCM Kaliwungu dan Kalsel di lapangan Brimob Plantaran sebagai imam dan khatib M. Syaifudin (Ketua PDM Kulon Progo, Yogyakarta), PCM Singorojo di lapangan sepak bola Ngareanak, imam dan khatib  Arif Muslih, dan di lapangan tennis lapangan Merbuh dengan imam dan hatib ustadz  Ahmadun, di Patean terdapat 5 tempat, yaitu di lapangan Pagersari dengan imam dan khatib Nur Azis, Ranting Kalilumpang iamam/khatib Sunasikin, PRM Gamping, ustadz Kasman sebagai imam/khatib, PRM Seser di masjid imam/khatib ustadz Majruri, PRM Rejosari imam/khatib Feri Chafidhin. PCM Weleri di lapangan Sambongsari dengan imam dan khatib H. Taufiq Hartono, PCM Rowosari terdpat 3 tempat, di lapangan Bahari imam/khatib Ustadz H.M. Farchan Tontowi, halaman MI Muhammadiyah Pojoksari imam/khatib ustadz Khaerudin, di lapangan Jatipurwo imam/khatib ustadz Fathin. Untuk PCM Kangkung terdapat di 4 tempat, yaitu halaman SD Muh Truko imam/khatib ustadz Ikhsan Intizam, Lapangan Sendangdawung ustadz Dzikrullah, lapangan Kadilangu imam H. Rohmat Saifullah dan khatib Fajrinsyah, di lapangan Rejosari imam/khatib Sudiono ibnu Somadi. Adapun di PCM Ringinarum di pusatkan di lapangan Caruban bertindak sebagai imam dan khatib ustadz Maqfiudin. ( A. Ghofur/MPI Kendal )


Tags: Sholat iedul fitri, sholat iedul fitri 1439H, ihtima', hilal, 1 syawal,
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website