cool hit counter

PDM Kabupaten Kendal - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Kendal
.: Home > Berita > Melalui Pengajian Ahad Pagi, PCM Kangkung Tasyarufkan Zakat Senilai Rp 400 Juta Lebih

Homepage

Melalui Pengajian Ahad Pagi, PCM Kangkung Tasyarufkan Zakat Senilai Rp 400 Juta Lebih

Sabtu, 13-01-2018
Dibaca: 67

Perwakilan mustakhiq Lazismu PCM Kangkung, Kendal saat pose bersama usai menerima tasharuf zakat 2017

 

KENDAL.MUHAMMADIYAH.OR.ID – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kangkung, Kendal melalui Kantor Layanan Zakat telah mentasyarufkan uang zakat tahun 2017 sebesar Rp 402.212.000. Zakat tersebut diperoleh dari 443 muzakki yang tersebar di Kecamatan Kangkung. Pentasyarufan zakat dilakukan pada Ahad (7/1) di SMP Muhammadiyah 6 Cepiring.

Ketua Lazismu PCM Kangkung, H. Abdul Rohman menyampaikan bahwa zakat sebesar itu telah ditasyarufkan sesuai ketentuan syar’i , delapan ashnaf dengan tetap memperhatikan kebutuhan mendesak yang terjadi di wilayah bersangkutan.

“Selain zakat untuk fakir dan miskin, kami menyalurkan untuk bidang pendidikan dan bedah rumah “ kata Rohman ketika ditemui.

Abdul Rohman menjelaskan, pembagian zakat untuk program pendidikan dengan sasaran diantarnya adalah siswa – siswi SD se Kecamatan Kangkung. Pihak Kantor Layanan Zakat Muhammadiyah Kangkung memberikan beasiswa sebesar Rp 100.000; yang diwujudkan dalam bentuk tas sekolah dan alat – alat tulis siswa.

“Sebelumnya kami telah melayangkan surat kepada seluruh kepala SD yang ada di Kecamatan Kangkung, agar mengirimkan nama – nama siswa sebanyak 10 orang dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan beasiswa “ jelas Rohman.

Adapun bedah rumah nominalnya Rp 13.000.000 untuk rumah warga atas nama Tarwidi desa Sendangdawuhan, Kangkung.

“Kami juga melakukan bedah rumah warga yang tidak layak huni. Bentuk bantuan berupa material, bahan bangunan, tukang, dan tenaga bantu untuk renovasi atau bedah rumah. “ jelasnya lagi.

Kantor Layanan Zakat Muhammadiyah Kangkung juga memberikan zakat kepada lembaga – lembaga internal Muhammadiyah untuk pengembangan dakwah Muhammadiyah.

“Mereka seperti PCM, Ortom tingkat cabang, AUM pendidikan, PRM seluruh PCM Kangkung, dan masjid – masjid yang dikelola oleh Muhammadiyah mendapat pembaguan zakat yang besarnya disesuaikan dengan keputusan rapat amil “

Prosesi penyerahan zakat amwal dilakukan bersamaan dengan pengajian rutin Ahad pagi yang menghadirkan salah satu pengasuh pondok modern Darul Arqam Patean, Kendal, Ustadz Sumanto.

Ustadz Sumanto menjelaskan pentingnya menghadirkan generasi now yang sejalan dengan al qur’an surat Surat Annisa’ ayat ke 9, yaitu generasi yang kuat secara fisik, sehat, kuat aqidah, tidak lemah keimanan dan keislaman, serta generasi yang kuat di bidang ekonomi.

“ Sebagai orang tua mestinya ke depan menginginkan anak cucu yang lebih hebat dari kita, yaitu munculnya generasi – generasi Islam masa depan yang memiliki kekuatan baik secara fisik, aqidah dan kaya di keilmuan dan perekonomian dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi perintah agama Islam “ kata Sumanto.

Beliau berharap, dengan generasi masa depan sesuai dengan al qur’an akan menghilangkan kekhawatiran kita sebagai orang tua.

Kegiatan yang bertajuk “ Pengajian dan Penyantunan Anak Yatim “ dihadiri oleh keluarga besar Muhammadiyah Kangkung. Tampak hadir ditengah – tengah jamaah selain jajaran PCM Kangkung,PRM, dan Ortom hadir pula anggota PDM Kendal, H. Abdullah Sachur, dan H. Utomo.

Utomo yang juga anggota PDM Kendal, koordinator Majelis DIKDASMEN Kendal berharap kepada PCM Kangkung untuk segera mempersiapkan sejak dini menghadapi tahun ajaran 2018 – 2019.

Menurut beliau di lingkungan pendidikan Muhammadiyah dinilai sudah lengkap jenjang pendidikan sesuai dengan kebutuhan zaman, bahkan memiliki nilai tambah, terutama dengan hadirnya Boarding School yang dikelola Muhammadiyah

“ Boarding School Muhammadiyah di SMA Muhammadiyah 1 Weleri sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah melakukan proses pembelajaran sejalan dengan tuntutan zaman “ katanya.

Beliau berharap lembaga pendidikan sekolah Muhammadiyah tersebut bisa dijadikan sebagai sekolah yang berorientasi masa depan. (A.Ghofur/MPI Kendal)


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website