cool hit counter

PDM Kabupaten Kendal - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Kendal
.: Home > Berita > Menggapai Prestasi Pemahaman Al qur’an Melalui JTA dan Outbound

Homepage

Menggapai Prestasi Pemahaman Al qur’an Melalui JTA dan Outbound

Rabu, 29-03-2017
Dibaca: 356

 

KENDAL.MUHAMMADIYAH.OR.ID – Ikhtiar kolektif yang kreatif dalam rangka memberi pemahaman komprehensif terhadap Al qur’an pada anak usia dini terus dilakukan oleh persyarikatan. Salah satunya adalah seperti melalui kegiatan Jambore Tarjamah Al qur’an (JTA) dan outbound yang digelar Ahad ( 26/3 ) oleh Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam IV, SMP Muhammadiyah 9 Gemuh, di Ringinarum Kendal. JTA dan outbound tersebut berlangsung selama sehari penuh yang dikuti oleh 180 peserta pilihan dari siswa SD/MI Muhammadiyah se Kab. Kendal.

Ketua PCM Ringinarum, Drs. Muhammad Sarwono sangat berharap JTA dan outbound mampu mengangkat citra lebih positif pada lembaga pendidikan milik Muhammadiyah di Ringinarum. “ Dengan JTA dan outbound, Pondok Modern Darul Arqam IV akan lebih dikenal dan menjadi pilihan dunia pendidikan untuk anak – anak lulusan SD/MI “ kata Sarwono ketika ditemui pwmjateng.com di sela – sela kegiatan.

Dunia pendidikan menurutya sekarang sudah sangat kompetetif untuk ditawarkan di tengah masyarakat. “ Masyarakat sudah pandai menilai lembaga pendidikan yang pantas untuk dijadikan alternatif bagi putra – putrinya, maka “ lanjutnya “ PCM Ringinarum melalui Majelis Dikdasmen dan seluruh stakeholder Muhammadiyah Boarding School (MBS) berusaha menampilkan kegiatan – kegiatan positif sebagai daya tarik, salah satunya melalui JTA “ paparnya.

 

Menurut beliau Jambore Tarjamah Alqur’an sangat positif untuk mengukur kemampuan dalam pemahaman tarjamahan Al qur’an. Senada dengan hal itu, ketua Majelis Dikdasmen PCM Ringinarum, Katsir Santoso Widodo, M.Pd menilai terdapat singkronosasi antara kegiatan JTA dengan kondisi yang ada pondok darul arqam, “ Sumber Daya Manusia tahfidz Al qur’an dan tarjamahan yang ada di pondok darul arqam sudah ada dan mumpuni, serta siap meningkatkan kemampuan anak – anak didik di bidang tahfidz dan tarjamah al qur’an “ tuturnya.

Menurut Katsir, melalui JTA akan ditemukan potensi anak dalam mentarjemahkan al qur’an, “ Sebagai tahap awal kami memulai dengan lomba tarjamahan 7 ayat al qur’an surat Al Fatihah, dan surat Al baqarah “ tambahnya.

Selama JTA berlangsung, terdapat bermacam kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta dipandu oleh ustadz dan ustadzah, “ Bentuk kegiatan JTA antara lain seluruh peserta akan dikenalkan lebih dalam tentang sistem penerjemahan Alqur’an, mengenal lingkunngan pendidikan pondok darul arqam, outbound meliputi menangkap ikan, pecah balon, pasukan semut, kalimat berantai, dan melepas borgol tanpa kunci “ kata ketua panitia, Moh. Ali Shodikin, S.Pd.I.

Untuk kepesertaan JTA tahap 1  dibatasi , “ Meskipun JTA ini tingkat Kabupaten, namun pada tahap awal ini kami melibatkan SD/MI Muhammadiyah yang ada di Kecamatan Weleri, Rowosari, Kangkung, Kota Kendal, dan Ringinarum “ ujarnya. Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut akan diakhiri dengan lomba, “ lomba tarjamah al qur’an surat Al fatikhah dan surat Al Baqarah akan menjadi pokok kegiatan JPA” jelas Shodikin.  Dari kegiatan lomba tersebut diharapkan lahir genarasi – generasi qur’ani yang mampu membawa nama baik lembaga dan persyarikatan ( A.Ghofur/MPI Kendal )


Tags: Jambore Tarjamah Alqur’an, Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam IV, SMP Muhammadiyah 9 Gemuh, Ketua PCM Ringinarum, Drs. Muhammad Sarwono, Muhammadiyah Boarding School (MBS), lomba tarjamah al qur’an, SD/MI Muhammadiyah,
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website